Posted by : Intan yolanda
Rabu, 07 Juni 2017
TES STANDAR DAN PEMBELAJARAN
Tes standar
Tes yang
menggunakan prosedur yang seragam untuk menentukan nilai dan administrasinya.
Tes standar bisa membandingkan kemampuan murid dan murid lain pada usia atau
level yang sama, dan dalam banyak kasus perbandingan ini dilakukan ditingkat
Nasional.
Tujuan Tes Standar
·
Memberikan iinformasi tentang kemajuan murid,
yang bersumber tentang seberapa baik prestasi dan kemampuan murid.
·
Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan murid
·
Memberikan bukti untuk menepatkan murid dalam
program kasus.
·
Memberikan informasi untuk merencanakan dan
meningkatkan pengajaran atau instruksi
·
Membantu administrator mengevaluasi program
·
Memberikan akuntabilitas, sekolah dan guru
diharapkan bertanggung jawab atas pengajaran muridnya.
Tes berbasis standar
Tes yang menilai kemampuan/keahlian yang
diharuskan dipunyai murid sebelum mereka naik kelas berikutnya atau
kelulusannya.
Tes berisiko tinggi
Menggunakan tes dengan cara sedemikian
rupa yang mengandung konsekuensi penting bagi murid,memengaruhi keputusan
seperti apakah murid itu akan naik kelas atau lulus.
Kriteria untuk Mengevaluasi Tes Standar
·
Kelompok normal: kelompok dari individu yang
sama yang sebelumnya telah diberi ujian
oleh penguji
·
Validitas: sejauh mana sebuah tes mengukur
apa-apa yang hendak diukur dan apakah inferensi tentang nilai tes itu akurat
atau tidak.
1.
Validitas isi: kemampuan tes untuk mencakup
sampel isi yang hendak diukur
2.
Validitas kriteria: kemampuan tes untuk
memprediksi kinerja murid saat diukur denganpenilaian atau kriteria lain
·
Rehabilitas: sejauh mana sebuah prosedur tes
bisa menghasilkan nilai yang konsisten dan dapat direproduksi.
1.
Test-retest reliability: sejauh mana sebuah tes
menghasilkan kinerja yang sama ketika seorang siswa diberi tes yang sama dalam
dua kesempatan yang berbeda.
2.
Alternate-forms reliability: memberikan bentuk
tes yang berbeda dari tes yang sama dari dua kesempatan yang berbeda untuk
kelompok murid yang sama
3.
Split-half-reliability: nilai pada dua set item
itu dibandingkan guna menentukan seberapa konsistenkah kinerja murid di kedua
set itu
Tes Kecakapan Dan Prestasi
·
Tes kecakapan: tipe tes yang didesain guna
memprediksi kemampuan murid untuk mempelajari suatu keahlian atau menguasai
sesuatu dengan pendidikan dan training tingkat lanjut.
·
Tes prestasi: tes yang dimaksud untuk mengukur
apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dikuasai murid
Jenis-jenis Tes Prestasi Standar
·
Survey Batteries: adalah sekelompok tes pokok
persoalan individual yang didesain untuk murid level tertentu.
·
Tes untuk subjek spesifik: untuk menilai
keahlian dibidang tertentu seperti membaca atau matematika
·
Tes diagnostik
·
Menentukan kebutuhan pembelajaran spesifik dari
murid sehingga kebutuhan itu dapat dipenuhi melalui instruksi reguler atau
remedial
Ujian Negara Beresiko Tinggi
·
Keuntungan dan penggunaan tes berisiko tinggi:
a.
Meningkatkan kinerja murid
b.
Lebih banyak waktu untuk mengajarkan pelajaran
yang diujikan
c.
Ekspektasi tinggi untuk semua murid
d.
Identifikasi sekolah,guru, dan administrator
e.
Meningkatkan rasa percaya diri
·
Kritik terhadap ujian negara
a.
Mengumpulkan kurikulum dengan penekanan lebih
besar pada hafalan ketimbang keahlian berpikir dalam memecahkan masalah
b.
Guru mengajar demi ujian
c.
Deskriminasi terhadap murid dari status
sosioekonomi rendah dan minoritas
Peran Guru
Mempersiapkan murid untuk mengerjakan
ujian dan menginterprestasikan hasil
ujian dan menyampaikan hasil tes kepada orang tua.
·
Mempersiapkan murid untuk mengikuti tes standar
Adalah penting bagi semua murid untuk
diberi kesempatan mengeluarkan apa yang terbaik dari diri mereka.
·
Menjalankan tes standar
Diantaranya adalah cara mengatur ruang
tes,apa yang harus dilakukan murid saat mengerjakan tes, bagaimana
mendistribusikan lembar soal dan jawaban, dan bagaimana mengatur waktu tes
·
Memahami dan mengunterpretasikan hasil tes
a.
Stastistik deskriptif: prosedur matematika yang
dipakai untuk mendeskripsikan dan meringkas data
b.
Distribusi frekuendi: sebuah daftar nilai
biasanya dari tertinggi ke yang rendah sama berapa kali nilai itu muncul
c.
Histogram: distribusi frekuensi dalam bentuk
grafik
d.
Tendensi sentral: memberika informasi tentang
rata-rata pada data
e.
Mean: rata-rata numerik dari sekelompok nilai
f.
Median: nilai tengah dari nilai tertinggi ke terendah
g.
Mode: nilai yang paling serinhg muncul
h.
Range: selisih data
Isu utama dalam tes standar
·
Ada perselisihan pendapat tentang manfaat tes
standar versusnpenilaian alternatif seperti penilaian kinerja dan portofolio.
Beberapa guru percaya bahwa ujian negara beresiko tinggi harus mencakup penilaian
alternatif
·
Bias kultural adalah perhatian utama dalam tes
standar ini. Beberapa pakar percaya bahwa penilaian kinerja mengandung potensi
mengurangi bias dalam ujian