Posted by : Intan yolanda Rabu, 07 Juni 2017



TES STANDAR DAN PEMBELAJARAN
Tes standar
     Tes yang menggunakan prosedur yang seragam untuk menentukan nilai dan administrasinya. Tes standar bisa membandingkan kemampuan murid dan murid lain pada usia atau level yang sama, dan dalam banyak kasus perbandingan ini dilakukan ditingkat Nasional.
Tujuan Tes Standar
·         Memberikan iinformasi tentang kemajuan murid, yang bersumber tentang seberapa baik prestasi dan kemampuan murid.
·         Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan murid
·         Memberikan bukti untuk menepatkan murid dalam program kasus.
·         Memberikan informasi untuk merencanakan dan meningkatkan pengajaran atau instruksi
·         Membantu administrator mengevaluasi program
·         Memberikan akuntabilitas, sekolah dan guru diharapkan bertanggung jawab atas pengajaran muridnya.
Tes berbasis standar
     Tes yang menilai kemampuan/keahlian yang diharuskan dipunyai murid sebelum mereka naik kelas berikutnya atau kelulusannya.
Tes berisiko tinggi
     Menggunakan tes dengan cara sedemikian rupa yang mengandung konsekuensi penting bagi murid,memengaruhi keputusan seperti apakah murid itu akan naik kelas atau lulus.

Kriteria untuk Mengevaluasi Tes Standar
·         Kelompok normal: kelompok dari individu yang sama yang sebelumnya  telah diberi ujian oleh penguji
·         Validitas: sejauh mana sebuah tes mengukur apa-apa yang hendak diukur dan apakah inferensi tentang nilai tes itu akurat atau tidak.
1.       Validitas isi: kemampuan tes untuk mencakup sampel isi yang hendak diukur
2.       Validitas kriteria: kemampuan tes untuk memprediksi kinerja murid saat diukur denganpenilaian atau kriteria lain
·         Rehabilitas: sejauh mana sebuah prosedur tes bisa menghasilkan nilai yang konsisten dan dapat direproduksi.
1.       Test-retest reliability: sejauh mana sebuah tes menghasilkan kinerja yang sama ketika seorang siswa diberi tes yang sama dalam dua kesempatan yang berbeda.
2.       Alternate-forms reliability: memberikan bentuk tes yang berbeda dari tes yang sama dari dua kesempatan yang berbeda untuk kelompok murid yang sama
3.       Split-half-reliability: nilai pada dua set item itu dibandingkan guna menentukan seberapa konsistenkah kinerja murid di kedua set itu

Tes Kecakapan Dan Prestasi
·         Tes kecakapan: tipe tes yang didesain guna memprediksi kemampuan murid untuk mempelajari suatu keahlian atau menguasai sesuatu dengan pendidikan dan training tingkat lanjut.
·         Tes prestasi: tes yang dimaksud untuk mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah dikuasai murid

Jenis-jenis Tes Prestasi Standar
·         Survey Batteries: adalah sekelompok tes pokok persoalan individual yang didesain untuk murid level tertentu.
·         Tes untuk subjek spesifik: untuk menilai keahlian dibidang tertentu seperti membaca atau matematika
·         Tes diagnostik
·         Menentukan kebutuhan pembelajaran spesifik dari murid sehingga kebutuhan itu dapat dipenuhi melalui instruksi reguler atau remedial

Ujian Negara Beresiko Tinggi
·         Keuntungan dan penggunaan tes berisiko tinggi:
a.       Meningkatkan kinerja murid
b.      Lebih banyak waktu untuk mengajarkan pelajaran yang diujikan
c.       Ekspektasi tinggi untuk semua murid
d.      Identifikasi sekolah,guru, dan administrator
e.      Meningkatkan rasa percaya diri
·         Kritik terhadap ujian negara
a.       Mengumpulkan kurikulum dengan penekanan lebih besar pada hafalan ketimbang keahlian berpikir dalam memecahkan masalah
b.      Guru mengajar demi ujian
c.       Deskriminasi terhadap murid dari status sosioekonomi rendah dan minoritas

Peran Guru
     Mempersiapkan murid untuk mengerjakan ujian  dan menginterprestasikan hasil ujian dan menyampaikan hasil tes kepada orang tua.
·         Mempersiapkan murid untuk mengikuti tes standar
Adalah penting bagi semua murid untuk diberi kesempatan mengeluarkan apa yang terbaik dari diri mereka.
·         Menjalankan tes standar
Diantaranya adalah cara mengatur ruang tes,apa yang harus dilakukan murid saat mengerjakan tes, bagaimana mendistribusikan lembar soal dan jawaban, dan bagaimana mengatur waktu tes
·         Memahami dan mengunterpretasikan hasil tes
a.       Stastistik deskriptif: prosedur matematika yang dipakai untuk mendeskripsikan dan meringkas data
b.      Distribusi frekuendi: sebuah daftar nilai biasanya dari tertinggi ke yang rendah sama berapa kali nilai itu muncul
c.       Histogram: distribusi frekuensi dalam bentuk grafik
d.      Tendensi sentral: memberika informasi tentang rata-rata pada data
e.      Mean: rata-rata numerik dari sekelompok nilai
f.        Median: nilai tengah  dari nilai tertinggi ke terendah
g.       Mode: nilai yang paling serinhg muncul
h.      Range: selisih data

 Isu utama dalam tes standar
·         Ada perselisihan pendapat tentang manfaat tes standar versusnpenilaian alternatif seperti penilaian kinerja dan portofolio. Beberapa guru percaya bahwa ujian negara beresiko tinggi harus mencakup penilaian alternatif
·         Bias kultural adalah perhatian utama dalam tes standar ini. Beberapa pakar percaya bahwa penilaian kinerja mengandung potensi mengurangi bias dalam ujian



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Intan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -