Posted by : Intan yolanda Minggu, 09 April 2017



PSIKOLOGI PENDIDIKAN:PERANGKAT UNTUK MENGAJAR SECARA EFEKTIF

SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN
            Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Latar Belakang Historis                                  
William James. Dia menegaskan pentinganya pembelajaran proses belajar dan mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan.
John Dewey.pertama berpendapat tentang anak sebagai pembelajar aktif. Kedua pendidikan seharusnya di fokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Ketiga semua anak berhak mendaoatkan pendidikan.
E.L. Thorndike mengajukan gagasan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus fokus pada pengukuran.
Mengajar: Antara Seni dan Ilmu Pengetahuan
“perkembangan kognitif dan bahasa”, Anda akan melihat bahwa kedua teori itu banyak mengandung aplikasi yang bisa menjadi pedoman anda untuk mengajar. Tujuan psikologi pendidikan adalah memberi anda pengetahuan riset yang dapat secara efektif diaplikasikan untuk mengajar.
CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Hal ini membutuhkan dua hal yang utama. (1) pengetahuan dan keahlian profesional, dan (2) komitmen dan motivasi.
Pengetahuan dan Keahlian Profesional
            Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid.
Penguasaan Materi Pelajaran. Guru yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi.
Strategi pengajaran.konstruktivisme menekankan agar individu secara efektif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman.
Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional. Guru memikirkan tentang cara agar pelajaran bisa menantang sekaligus menarik.
Keahlian Manajemen Kelas. Guru yang efektif adalah mampu menjaga kelas tetap aktif bersamaan dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.
Keahlian Motivasional. Motivasi ini paling baik didorong dengan memberi kesempatan murid untuk belajar di dunia nyata, agar setisp murid berkesempatan menemui sesuatu yang baru dan sulit.
Keahlian Komunikasi.adalah keahlian dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal dan nonverbal, dan mampu memecahkan konflik secara konstruktif.
Bekerja Secara Efektif dengan Murid dari Latar Belakang Kultural dan Berlainan.
Keahlian Teknologi
Komitmen dan Motivasi
Menjadi guru yang efektif juga membutuhkan komitmen dan motivasi. Aspek ini mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid.
RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Mengapa Riset Itu Penting?
Riset yang memberikan informasi yang valid tentang cara terbaik untuk mengajar bisa membuat anda menjadi guru yang lebih baik.
Pendekatan Riset Ilmiah
Riset ilmiah adalah riset objektif, sistematis, dan dapat diuji.informasi didasarkan pada keyakinan,opini, dan perasaan personal.
Metode Riset
Ada tiga metode yang dipakai untuk mengumpulkan informasi dalam psikologi pendidikan ,yaitu
1.Riset deskriptif. Riset ini bertujuan mengamati dan mencatat perilaku.
2.Observasi. Melihat dua murid berinteraksi adalah berbeda dengan melihat atau mengobservasi secara ilmiah.
3.Wawancara dan kuesioner. Terkadang cara paling baik dan paling cepat untuk memperoleh informasi dari murid dan guru adalah bertanya kepada mereka.
Tes standar. Tes dengan prosedur administrasi dan penilaian yang seragam.
Studi kasus. Kajian terdalam terhadap seorang individu.
Studi etnografik. Deskripsi mendalam dan interpretasi atas perilaku dalam suatu etnis atau kelompok kultural.
Riset Korelasional. Tujuan riset korelasional adalah mendeskripsikan kekuatan hubungan anatara dua atau lebih kejadian atau karakteristik.
Riset Eksperimental. Denganriset ini ahli psikologi bisa menentukan sebab-sebab perilaku.
Rentang Waktu Riset:
Riset cross-sectional adalah riset dimana data dikumpulkan dalam satu waktu.
Riset longitudinal adalah riset dimana individu yang sama dipelajari selama kurun waktu tertentu, biasanya beberapa tahun atau lebih.
Riset Evaluasi Program, Riset Aksi, dan Guru-sebagai-periset
Riset evaluasi program adalah riset yang didesain untuk membuat keputusan tentang efektivitas program tertentu.
Riset Aksi. Yang dipakai untuk memecahkan problem sekolah, meningkatkan pengajaran dan strategi pendidikn lainnya.
Guru-sebagai-periset adalah konsep yang menyatakan bahwa guru kelas dapat melakukan riset sendiri untuk meningkatkan mutu praktik pengajaran mereka.  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Intan - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -