Posted by : Intan yolanda
Minggu, 09 April 2017
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN:PERANGKAT UNTUK MENGAJAR SECARA EFEKTIF
SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan adalah cabang
ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan
pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Latar Belakang Historis
William James.
Dia menegaskan pentinganya pembelajaran proses belajar dan mengajar di kelas
guna meningkatkan mutu pendidikan.
John Dewey.pertama berpendapat tentang anak sebagai
pembelajar aktif. Kedua pendidikan
seharusnya di fokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan
anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Ketiga semua anak berhak mendaoatkan pendidikan.
E.L. Thorndike
mengajukan gagasan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan
harus fokus pada pengukuran.
Mengajar: Antara Seni dan Ilmu
Pengetahuan
“perkembangan
kognitif dan bahasa”, Anda akan melihat bahwa kedua teori itu banyak mengandung
aplikasi yang bisa menjadi pedoman anda untuk mengajar. Tujuan psikologi
pendidikan adalah memberi anda pengetahuan riset yang dapat secara efektif
diaplikasikan untuk mengajar.
CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Hal
ini membutuhkan dua hal yang utama. (1) pengetahuan dan keahlian profesional,
dan (2) komitmen dan motivasi.
Pengetahuan dan Keahlian
Profesional
Guru yang efektif memiliki strategi
pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan
pengajaran, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid.
Penguasaan Materi Pelajaran.
Guru yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi.
Strategi pengajaran.konstruktivisme
menekankan agar individu secara efektif menyusun dan membangun pengetahuan dan
pemahaman.
Penetapan Tujuan dan Keahlian
Perencanaan Instruksional. Guru memikirkan tentang cara agar
pelajaran bisa menantang sekaligus menarik.
Keahlian Manajemen Kelas.
Guru yang efektif adalah mampu menjaga kelas tetap aktif bersamaan dan
mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.
Keahlian Motivasional.
Motivasi ini paling baik didorong dengan memberi kesempatan murid untuk belajar
di dunia nyata, agar setisp murid berkesempatan menemui sesuatu yang baru dan
sulit.
Keahlian Komunikasi.adalah
keahlian dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal dan
nonverbal, dan mampu memecahkan konflik secara konstruktif.
Bekerja Secara Efektif dengan Murid
dari Latar Belakang Kultural dan Berlainan.
Keahlian Teknologi
Komitmen dan Motivasi
Menjadi
guru yang efektif juga membutuhkan komitmen dan motivasi. Aspek ini mencakup
sikap yang baik dan perhatian kepada murid.
RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Mengapa Riset Itu Penting?
Riset
yang memberikan informasi yang valid tentang cara terbaik untuk mengajar bisa
membuat anda menjadi guru yang lebih baik.
Pendekatan Riset Ilmiah
Riset
ilmiah adalah riset objektif, sistematis, dan dapat diuji.informasi didasarkan
pada keyakinan,opini, dan perasaan personal.
Metode Riset
Ada
tiga metode yang dipakai untuk mengumpulkan informasi dalam psikologi
pendidikan ,yaitu
1.Riset deskriptif.
Riset ini bertujuan mengamati dan mencatat perilaku.
2.Observasi.
Melihat dua murid berinteraksi adalah berbeda dengan melihat atau mengobservasi
secara ilmiah.
3.Wawancara dan
kuesioner. Terkadang cara paling baik dan paling cepat untuk
memperoleh informasi dari murid dan guru adalah bertanya kepada mereka.
Tes standar.
Tes dengan prosedur administrasi dan penilaian yang seragam.
Studi kasus.
Kajian terdalam terhadap seorang individu.
Studi etnografik.
Deskripsi mendalam dan interpretasi atas perilaku dalam suatu etnis atau
kelompok kultural.
Riset Korelasional.
Tujuan riset korelasional adalah mendeskripsikan kekuatan hubungan anatara dua
atau lebih kejadian atau karakteristik.
Riset Eksperimental.
Denganriset ini ahli psikologi bisa menentukan sebab-sebab perilaku.
Rentang Waktu Riset:
Riset cross-sectional
adalah riset dimana data dikumpulkan dalam satu waktu.
Riset longitudinal adalah
riset dimana individu yang sama dipelajari selama kurun waktu tertentu,
biasanya beberapa tahun atau lebih.
Riset Evaluasi Program, Riset Aksi,
dan Guru-sebagai-periset
Riset evaluasi program
adalah riset yang didesain untuk membuat keputusan tentang efektivitas program
tertentu.
Riset Aksi.
Yang dipakai untuk memecahkan problem sekolah, meningkatkan pengajaran dan
strategi pendidikn lainnya.
Guru-sebagai-periset
adalah konsep yang menyatakan bahwa guru kelas dapat melakukan riset sendiri
untuk meningkatkan mutu praktik pengajaran mereka.